Just Reza Akbar

Terus Belajar Untuk Berhasil

Sabtu, 07 Agustus 2010

Menjadi PNS atau Berwirausaha, atau dua-duanya?

"Tarzan bertahan hidup di hutan, Kucing bertahan hidup di rumah. Bisa saja Tarzan memilih hidup di Kota, atau Kucing ingin kembali ke hutan" 

Apa yang  dapat Anda tangkap dari kata-kata di atas?
Saya adalah seorang sarjana dari FMIPA Universitas Tanjungpura. Saya lulus tahun 2009. Sebagai seorang sarjana, pastinya mencari pekerjaan adalah proyek selanjutnyta. Hanya saja cara bekerja yang dimaksud bisa bermacam-macam bentuk. Saya memilih berwira usaha karena ingin mengekspresikan kemampuan di suatu bidang tertentu dengan sebuah sistem yang saya ciptakan sendiri.
Memilih menjadi PNS biasanya terdorong karena adanya jaminan kepastian gaji dan dana pensiun. Selain itu, mungkin kerjanya yang "ngantor", agak lebih enak ketimbang kerja di lapangan.saya rasa ini merupakan perhitungan yang cerdik.
Memilih menjadi pegawai perusahaan swasta, biasanya termotivasi karena promosi jabatan yang lebih cepat dan gaji yang besar meskipun jaminan hari tua tidak ada, .beban kerja berat atau sewaktu-waktu bisa terjadi PHK.
Sebagai pengusaha pemula yang belum sukses, saya sering mendapat anjuran dari kakak dan orang tua saya agar mencari pekerjaan yang memberikan gaji yang lebih besar dari pada apa yang saya hasilkan dari membuka usaha saya saat ini. Mereka punya niat yang baik bagi saya dan begitulah pada umumnya orang-orang dekat Anda terhadap Anda. Hanya saja, entah mengapa saya belum bisa berpaling dari dunia saya. Saya senang "di sini"  dari pada "di sana". Dan seandainya setiap orang memahami kata-kata yang saya tulis ini:
"Tarzan bertahan hidup di hutan, Kucing bertahan hidup di rumah. Bisa saja Tarzan memilih hidup di Kota, atau Kucing ingin kembali ke hutan"
Maksudnya? saya yakin Anda mengerti. Setiap orang punya tempat yang nyaman baginya. itulah maknanya secara singkat.
Setiap orang punya pembawaaan masing-masing. Bisa berasal dari latar belakang keluarga atau lingkungan. Lalu setiap manusia punya tujuan. Selain itu, manusia mempunyai kondisi yang bermacam-macam. Nah, pembawaan, tujuan, dan kondisi pribadi inilah yang sebagian besar mempengaruhi seseorang untuk memilih bentuk pekerjaan
"Sulit luntuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan diri kita, Tapi kita bisa menyesuaikan diri dengan pekerjaan itu" Sebagaimana pepatah, "kita tidak bisa mengubah arah angin, tapi kita bisa menyesuaikan layarnya"
Mengapa Berwirausaha?
Berwirausaha punya sisi kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah Anda bebas mengatur waktu yang Anda buat. Anda bebas mengatur bentuk pekerjaan Anda, kapan bertemu klien, asalkan dilakukan dengan baik dan disiplin. Namun, berwirausaha juga memiliki sisi kelemahan. Sebagai pengusaha pemula, saya sangat merasakan bagaimana wirausaha adalah sebuah dunia yang sulit. Sulit bukan berarti tidak bisa ditaklukkan. Pengusaha pemula biasanya terkenda modal. Modal ini biasanya yang menjadi kendala ketika Anda akan mengembangkan usaha Anda. Namun, tetap saja ada jalan. Selain itu, wirausaha penuh dengan tuntutan belajar. Tanpa belajar, pengusaha akan kalah saing. Belajar yang saya maksud adalah menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang bisnis yang digeluti dan pastikan Anda benar-benar menguasai bisnis ini.
Alangkah bagusnya
Ada sekarang kita temukan para karyawan apakah PNS maupun swasta yang juga mampu berwirausaha. Mereka memang tidak banyak, Tapi ada. Memang ini menambah beban kerja. Tapi ini adalah sikap yang sangat terpuji karena suatu usaha pasti membutuhkan tenaga kerja. Artinya ini adalah sebuah ibadah karena telah menyediakan sumber penghasilan bagi orang lain.
Fokus lebih baik
Saya sangat tertarik untuk bekerja di Instansi Pemerintah sesuai dengan minat saya. Saya berminat menjadi dosen. Hanya saja, miunat saya lebih cenderung menjalankan bisnis karena saya ingin:
  - Bebas waktu
  - Bebas finansial
  - Beramal

Sehingga saya memilih untuk fokus mengurus usaha saya. Bukankah melakukan sesuatu yang setengah-setengah hasilnya justru tidak baik? Namun, bukan berarti Anda menutup diri dari pekerjaan yang menghampiri Anda jika itu adalah peluang emas, sekalipun Anda "Digaji". Karena inti bekerja adalah kepuasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar