Just Reza Akbar

Terus Belajar Untuk Berhasil

Rabu, 11 Agustus 2010

Bisnis-Bisnis Tanpa Modal

BISNIS-BISNIS NYARIS TANPA MODAL



Di sini saya akan paparkan beberapa bisnis yang sangat potensial digarap oleh para remaja alias anak-anak sekolah dan mahasiswa. Sebenarnya bisnis tidak ada batasan. Bisnis terbuka lebar untuk siapa pun. Tidak ada bisnis yang hanya cocok digarap oleh siswa, mahasiswa, atau umum. Hanya saja, dengan pertimbangan waktu sekolah/kuliah yang padat, saya merekomendasikan beberapa peluang yang bisa kamu garap tanpa harus mengorbankan waktu belajar.
Tidak ada satu pun barang di dunia ini yang bisa didapatkan tanpa uang. Begitu juga bisnis. Semua bisnis membutuhkan modal. Kalau sudah bicara modal, ya nggak bisa lepas dari uang. “Bagaimana kalau saya benar-benar tidak punya modal? Tapi saya punya kemauan”. Kamu tenang aja. Ada ko’ caranya.
Saya akan berikan solusi buat kamu yang ingin berbisnis dengan modal yang minim. Di bawah ini adalah beberapa bisnis yang bisa dilakukan dengan modal minim. Sangat minim.
Mengajar Private (Pengajar datang ke rumah siswa)
Kamu buat aja brosur, lalu sebarkan ke komplek-komplek perumahan. Modal kamu hanya mental saja. Kalau kamu malu menyebarkan brosur sendiri, kamu bisa mengupah teman kamu beberapa puluh ribu untuk membantu kamu. Alangkah baiknya jika kamu sendiri yang melakukannya. Toh, tidak ada gunanya kamu merasa malu. Kamu ingin modal yang minim bukan? Waktu awal-awal memulai bisnis, saya sendiri yang menyebar brosur. Baru setelah berjalan cukup lama dan waktu saya terbatas, saya meminta bantuan kepada staf saya untuk menyebarkannya.
Ngomong-ngomong tentang mengajar private, jasa yang kamu tawarkan bisa berupa Les bahasa asing atau mata pelajaran, Les computer, Les desain grafis, Les membaca Al Qur’an, Les Kaligrafi, Les menggambar dan melukis, Les sulap, Les organ atau alat music lainnya, Les nyanyi, Dll
Yang perlu kamu ingat, Tarif untuk les private harus disampaikan secara terbuka. Jangan Anda bilang "Terserah Bapak Saja". Harga tarif private untuk 1 kali pertemuan berkisar antara 25.000 - 35.000 (harga standar). Kalau bisa jangan kurang dari 25.000/pertemuan. 
Jasa Penerjemah
Jika kamu mahir dalam bahasa asing, kamu bisa membuka jasa penerjemah. Kamu tinggal buat plang, spanduk, dan brosur. Disamping penerjemah, kamu juga bisa mengajar bahasa.
Servis Elektronika dan Bimbel elektronika
Kamu bisa membuka servis elektronika di rumah kamu/kost. Gimana cara mendapatkan pelanggan? Gampang! Kamu buat aja plang di depan rumah (jika rumah kamu tepat berada di tepi jalan raya), atau kamu buat plang di pintu masuk komplek (dengan izin RT tentunya). Biasanya pelanggan malas membawa barang-barangnya ke tempat servis, so, kamu bisa menawarkan pelayanan plus, yakni siap datang ke rumah. Ingat,sering-seringlah berpromosi (menyebarkan brosur atau dengan cara apa pun).
Buka Bimbel Rumahan
Kalau rumah kamu cukup luas, atau tersedia ruangan yang tidak termanfaatkan, kamu bisa buka Bimbingan Belajar di rumah. Saya sudah melakukannya! Saya memanfaatkan ruang tamu 3 m x 4 m dan 1 kamar berukuran 2 m x 3 m sebagai ruang belajar. Percaya tidak percaya, itu bisa menampung 40 siswa dengan waktu belajar sore – malam. Yang kamu butuhkan adalah: plang (1 buah) yang dipasang di pintu keluar masuk komplek, spanduk yang dipasang di depan rumah, dan brosur yang bisa disebar ke komplek-komplek perumahan.
Jual resep (informasi lainnya)

Saya berniat menjalankan bisnis minuman yaitu sejenis ice cream. Sudah banyak memang resep-resep makanan dan minuman dipublikasikan baik melalui buku-buku maupun internet. Sebelum memulai bisnis itu, saya mengumpulkan resep-resep ice cream dari internet dan buku. Kami juga sudah mencobanya. Namun, untuk keperluan bisnis, saya ingin resep yang benar-benar terjamin dan tentunya punya nilai ekonomis bukan hanya rasa. Tau nggak? Saya mau-tidak mau harus mengeluarkan uang Rp500.000 untuk membeli resep ice cream. Nah, kamu juga bisa melakukannya. Kalau kamu punya keahlian memasak, atau membuat resep makanan dan minuman, kamu bisa jual resepnya dengan harga yang tinggi. Ingat Rp500.000 keperluan bisnis tidak ada apa-apanya. So, kamu bisa jual dengan harga yang jauh lebih tinggi jika resep kamu adalah resep yang terbukti berhasil.
Penjual Lepas (Pengecer)
Ada banyak produk yang gampang dijual, dan kamu bisa menjadi pengecer sebelum sampai ke konsumen. Produk kamu ambil dari agen. Syukur-syukur kalau agen percaya sama kamu. So, kamu bisa ambil dulu barangnya tanpa membayar 1 rupiah pun. Nah, contoh bisnis seperti itu adalah madu asli. Kamu pasang aja plang di depan rumah kamu/pintu keluar masuk komplek “MADU ASLI BANG REZA” (sebaiknya pake nama kamu atau nama kesukaan kamu). Atau bisa juga kamu buat brosur dan kamu sebar ke komplek-komplek. Gampang kan? Untuk produk-produk yang lain juga bisa, seperti tas impor, susu sapi asli, susu kuda liar, dan lainnya. Kamu cari sendiri ya!
Penulis
Kalau kamu punya bakat menulis artikel, puisi, atau bentuk tulisan lainnya, coba kembangkan. Untuk artikel kamu bisa kirim ke koran-koran lokal dan nasional. untuk koran lokal biasanya memberikan honorarium yang relatif rendah sekitar 50.000/tulisan yang dipublikasikan. Sedangkan untuk koran nasional kamu bisa dihargai 500.000 - 750.000/tulisan. Memang tidak mudah membuat tulisan yang bagus dan diminati penerbit. Tapi tugas kita adalah mencoba dan mencoba. 
Ada lagi media yang lebih menarik yaitu dengan mengirim tulisan kamu ke situs internet. Kebanyakan situs populer hanya menerima tulisan berbahasa Inggris. Tapi ada juga yang berbahasa Indonesia. Situs-situs yang mau nampung tulisan kamu, bisa kamu cari tahu di Mas Google.
Bisnis Online
Bisnis online bentuknya sangat beragam. Saya juga sedang menggeluti bisnis model ini. Tapi, sorry banget.. saya tidak bisa cerita banyak. Maklum sedang belajar. So, saya sarankan kamu agar banyak belajar otodidak. Alangkah baiknya kalau kamu punya teman yang sudah familiar dengan bisnis internet. Hanya saja bisnis ini tidak bisa menuai hasil dalam semalam. Perlu berbulan bahkan bertahun-tahun untuk benar-benar sukses bisnis online.
Oke, selamat mencoba. Silahkan beri komentar atau tambahan ilmu. Semoga info ini berguna.
Salam Sukses!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar