Just Reza Akbar

Terus Belajar Untuk Berhasil

Selasa, 17 Agustus 2010

Keuntungan berbisnis sejak muda

 
1. Kamu punya banyak waktu untuk belajar
Dalam dunia bisnis, banyak hal yang bakal terjadi. Pokoknya sesuatu yang tidak terduga bisa muncul. Tentunya tidak ada (jarang) pebisnis yang langsung sukses dengan mudah. Ada kalanya kamu terjatuh. Nah, jatuh dalam bisnis bisa berupa kerugian, omzet menurun, atau bisnis sedang lesu. Gimana dong kalau itu terjadi? Biasa aja. Jangan ditanggapi terlalu serius. Jalan aja terus. Saya sudah merasakan bagaimana terjatuh, kehilangan pelanggan, kekurangan modal, complain dari pelanggan, lain lagi masalah karyawan. Wah…..!
Ada sebuah ungkapan yang bagus dari bapak Mario Teguh “The Skill of Doing Comes from doing”.. Tau nggak artinya? Artinya, keterampilan melakukan sesuatu berasal dari melakukan.
Belajar dari kesalahan sangat penting. Tetapi tidak semua hal harus belajar dari kesalahan. Artinya kamu tidak perlu membuat kesalahan sebanyak mungkin jika kamu tahu apa yang kamu lakukan adalah salah. Tapi jangan sampai kamu takut untuk berbuat karena takut salah. Semakin banyak kamu melakukan apakah itu kesalahan atau keberhasilan maka kamu akan semakin ahli untuk mengerjakannya dengan lebih baik.
Saat saya memulai Bisnis TEBUSARI, 6 bulan berjalan, omset kami tidak naik, justru turun perlahan. Padahal saya sudah hampir 2 bulan melakukan survey tempat-tempat yang strategis dan ramai dilewati calon pembeli. Saya bingung juga, apa memang kami salah memilih lokasi atau butuh waktu untuk mengenalkan produk kita, atau mungkin kami tidak berpromosi. Ini yang sedang kami pecahkan dan sampai saat ini masih belum ada solusi. Hanya saja, kalau pun ini sebuah kesalahan, saya bersyukur. Saya akan lebih jeli dalam memilih lokasi berdagang nantinya. Saya belajar banyak dari kesalahan saya.
Hampir semua orang punya impian untuk memiliki bisnis baik orang muda maupun tua. Walaupun tidak ada kata terlambat dalam memulai bisnis seberapa pun umur kamu saat ini, namun berbisnis sejak muda berarti memanfaatkan energi untuk hal-hal yang produktif. Bayangkan saja, jika kamu mulai bisnis sejak umur 17 tahun. Paling tidak umur 20 tahun kamu sudah punya pengalaman yang melimpah tentang seluk-beluk dunia bisnis.
2. Energi yang besar
Segala hal membutuhkan energi. Energi adalah modal utama dari apa pun yang hendak dicapai. Energi bisa berupa pemikiran, kesehatan, keberanian dan lain sebagainya. Bisnis penuh dengan persaingan sehingga kamu butuh energi yang besar untuk bersaing.
Nah, kebanyakan yang saya perhatikan dan saya dengar adalah orang-orang baru akan memulai bisnis pada saat waktu masa kerja sudah habis (pensiun), saat energi sudah mulai 5 watt. Itu pun dengan tujuan untuk menambah penghasilan bukan untuk membangun “kerajaan bisnis”. Saat umur sudah tidak produktif lagi, maka ide-ide kreatif sudah mulai berkurang. Dan cenderung apa adanya. “yang penting kebutuhan tertutupi”. Kalau bisnis hanya untuk menutupi kebutuhan, kapan majunya?.... Mulai sekarang! Di saat energimu penuh!
3. Kedewasaan
Kamu akan berhadapan dengan pelanggan, bukan? Ya iya lah. Itu artinya kamu harus melayani dengan sebaik mungkin. Kamu akan berfikir bagaimana memberikan pelayanan terbaik untuk mereka. Suatu saat jika terjadi keluhan dari mereka, kamu akan berfikir bagaimana mengatasinya. Kamu tentunya juga ingin mengembangkan bisnis yang kamu tangani. Nah, masalah-masalah yang kamu hadapi sebenarnya adalah sarana untuk pendewasaan. Kamu akan belajar tentang bagaimana menjadi bijak dalam mengambil keputusan. Masalah yang muncul dan action yang kamu kerjakan secara tidak sadar telah membawa kamu pada pemikiran yang matang.
4. Emosi lebih matang
Sudah lumrah jika sebagai anak muda, kamu punya emosi yang bergejolak. Mudah marah, mudah tersinggung, suka melawan aturan di sekolah, ada juga yang sering bolos, merokok, kebut-kebutan dan lain sebagainya. Nah, berbisnis bisa mengurangi gejolak emosi negatif kamu. Kok bisa? Ya iyalah. Nggak mungkin kamu bersikap kasar dengan pelanggan. Iya kan? Bisa-bisa bisnis kamu ambruk. Atau nggak mungkin kamu seenaknya kebut-kebutan di jalan raya. Ntar kalau kamu kecelakaan, siapa yang ngurus bisnis kamu? Sebagai seorang pengusaha muda, tentunya kamu ingin seluruh siswa dan guru menjadi pelanggan kamu. Kamu akan pikir-pikir untuk memperlakukan mereka seenaknya. Nah, dengan berbisnis di usia muda, kamu juga akan berfikir tentang masa depan sehingga kamu akan lebih hati-hati dalam bergaul.
5. Menghindari hal-hal negatif
Setelah pulang sekolah atau kuliah kamu kemana aja? Ayo jujur!. Ke rumah teman? Atau tidur? Atau jalan-jalan Mall? Nah, jika selama ini kamu cuma tidur-tiduran di rumah atau keluyuran yang nggak jelas, mendingan kamu gali ide kamu untuk memulai bisnis. Meskipun kecil, nanti juga akan menjadi besar. Jual pulsa ke’, jual kue ke’, jual jagung bakar ke’, terserah deh. Walaupun kecil, bukan berarti selamanya kecil. Hampir semua bisnis raksasa dimulai dengan ide kecil. Yang kamu butuhkan hanya BERANI mencoba, dan Ingat NEKAT!
Ngomong-ngomong tentang energi negatif, semua orang punya. Energi negative contohnya mudah marah, malas, gengsi, boros dan lain-lain. Energi positif contohnya disiplin, hemat, bertanggungjawab, jujur dan lain sebagainya. Jika energi positif semakin besar, maka energi negatif akan mengecil. Nah, jika kamu merasa dalam diri kamu masih banyak energi negatif, caranya adalah dengan cara memperbesar energi positif. Berbisnis di usia muda mampu memperbesar energi positif kamu.
6. Unggul
Bayangkan saja, kamu sudah memiliki usaha sendiri sementara teman kamu masih sibuk dengan bersenang-senang. Tentunya kamu lebih unggul dibandingkan dengan mereka. Ia dong. Karena kamu sudah mempunyai tanggungjawab yang jauh lebih besar dari siswa-siswa seusia kamu. Kamu akan menjadi panutan untuk teman-teman kamu. Selain itu, wawasan kamu juga luas, berfikiran jauh ke depan, dan secara emosional kamu lebih matang.
7. Sukses lebih cepat
Suatu hari siswa saya bertanya, “Pak, bagaimana supaya saya bisa sukses lebih cepat?” Saya jawab “kamu harus mengubah fikiran kamu lebih cepat dan memulai bisnis lebih cepat”. Kebanyakan dari pebisnis yang sangat sukses telah memulai bisnis sejak muda. Paling tidak, walaupun kesuksesan yang mereka peroleh memakan waktu yang cukup lama, namun waktu mereka lebih panjang untuk belajar dari kegagalan. Siapa pun, pasti ingin sukses dalam waktu singkat. Tapi itu tidak akan terjadi, seandainya terjadi, itu tidak akan bertahan lama. Cara yang tepat adalah memulai bisnis lebih awal.
Yok, Mulai Sekarang!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar